Hari Tiroid Sedunia 2024, Pentingnya Kesadaran Diri Tentang Gangguan Kesehatan Ini

Pojokstudy ~

Sabtu, 25 Mei 2024 – 08:47 WIB

VIVA Lifestyle – Tepat pada Sabtu 25 Mei 2024, dunia tengah memperingati Hari Tiroid Sedunia atau World Throid Day yang selalu dirayakan di tanggal yang sama setiap tahunnya.  Hari Tiroid Sedunia ini didedikasikan untuk mereka yang mengidap tiroid hendak berjuang melawan penyakitnya tersebut.

Baca Juga :

5 Jenis Minuman yang Menghambat Penurunan Berat Badan

Selain itu, adanya peringatan hari tersebut didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit tiroid dan pentingnya kesehatan tiroid di seluruh dunia.  Gangguan tiroid, seperti hipotiroidisme (kelenjar tiroid yang kurang aktif) dan hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif), dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan seseorang secara signifikan.
Setiap tahun, Hari Tiroid Sedunia diperingati juga untuk menciptakan kesadaran tentang pentingnya hormon tiroid dan mendorong masyarakat untuk mendidik diri mereka sendiri tentang kondisi yang dapat mempengaruhi kelenjar tiroid dan menyebabkan penyakit. 
Baca Juga :

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Penyakit tiroid adalah penyakit endokrin yang sangat umum terjadi secara global. Dengan beberapa pola makan dan gaya hidup, penyakit tiroid dapat dihindari. Dr Ashutosh Goyal, Sr Konsultan Endokrinologi, Paras Health Gurugram, dalam wawancara dengan HT Lifestyle, berbagi sedikit tips.
Baca Juga :

Waspada! 4 Makanan Ini Bisa Merusak Metabolisme Tubuh, Picu Obesitas, Diabetes, dan Jantung!

Cara Alami Menjaga Kesehatan Kelenjar TiroidBerikut ini terdapat cara alami menjaga kesehatan kelenjar tiroid yang disarankan oleh Dr Ashutosh Goyal, Sr Konsultan Endokrinologi, Paras Health Gurugram.Konsumsi makanan yang seimbang Penting untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi beragam jenis makanan utuh. Sertakan banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk mendapatkan vitamin dan mineral penting. Sumber protein tanpa lemak seperti ikan, unggas, dan kacang-kacangan menyediakan bahan penyusun produksi hormon. Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon dan tuna dapat mengurangi peradangan dan mendukung fungsi tiroid.Pertahankan tingkat selenium yang baik Selenium adalah mineral penting untuk produksi hormon tiroid. Sertakan kacang Brazil dan biji bunga matahari, makanan laut, telur, dan biji-bijian.Bergerak secara teratur Olahraga adalah alat yang ampuh untuk kesehatan secara keseluruhan, tidak terkecuali fungsi tiroid. Berusahalah untuk melakukan setidaknya 30 menit olahraga intensitas sedang hampir setiap hari dalam seminggu, seperti jalan cepat, berenang, bersepeda, atau menari. Olahraga membantu mengatur metabolisme, yang dapat bermanfaat bagi penderita hipertiroidisme dan hipotiroidisme.Kelola stres Stres kronis dapat berdampak buruk pada hormon Anda, termasuk fungsi tiroid. Penting untuk memprioritaskan teknik manajemen stres seperti yoga, latihan mindfulness, meditasi, atau latihan pernapasan dalam.

Ilustrasi penderita penyakit tiroid.

Tidur berkualitas Mendapatkan kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pengaturan dan pelepasan hormon tiroid. Hormon-hormon ini memainkan peran penting dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan. Untuk menjaga fungsi tiroid tetap optimal, penting untuk memastikan Anda mendapatkan tidur berkualitas tinggi tanpa gangguan selama 6-8 jam setiap malam.Poin Lain Hari Tiroid SeduniaBerikut beberapa poin penting mengenai Hari Tiroid Sedunia yang sayang untuk Anda lewati: Tujuan Peringatan: Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit tiroid, mendorong diagnosis dini, dan mengedukasi tentang perawatan dan pengelolaan gangguan tiroid. Gejala Gangguan Tiroid: Gangguan tiroid sering kali memiliki gejala yang bervariasi dan tidak spesifik, seperti kelelahan, penurunan atau peningkatan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, perubahan suasana hati, dan masalah kulit atau rambut. Ini membuat diagnosis awal menjadi penting. Pentingnya Kelenjar Tiroid: Kelenjar tiroid adalah organ kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di leher, yang bertanggung jawab untuk memproduksi hormon yang mengatur metabolisme, energi, dan banyak fungsi vital tubuh lainnya. Peran Edukasi: Melalui kampanye dan acara di Hari Tiroid Sedunia, organisasi kesehatan berusaha memberikan informasi yang diperlukan kepada masyarakat tentang bagaimana mengenali tanda-tanda gangguan tiroid dan pentingnya menjalani pemeriksaan rutin. Dukungan untuk Penderita: Hari Tiroid Sedunia juga memberikan dukungan kepada mereka yang hidup dengan gangguan tiroid, melalui sumber daya, kelompok dukungan, dan informasi tentang perawatan yang tepat.Dengan meningkatnya kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya kesehatan tiroid, diharapkan lebih banyak orang dapat menerima diagnosis yang tepat waktu dan pengobatan yang efektif, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Halaman Selanjutnya
Konsumsi makanan yang seimbang