Megawati Ancam Copot Menkumham Yasonna Laoly

Pojokstudy ~

Jumat, 24 Mei 2024 – 17:56 WIB

Jakarta – Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri meminta kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Yasonna Laoly untuk bekerja membela rakyat Indonesia. Ia menilai, rakyat tak boleh dibungkam dalam menyuarakan aspirasinya.

Baca Juga :

Andika Perkasa Resmi jadi Kader PDIP, Megawati Ingatkan Hal Ini

Megawati kemudian meminta kepada rakyat Indonesia untuk tidak takut menyuarakan aspirasi. Diketahui, Yasonna merupakan Menteri Hukum dan HAM dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
“Saya bilang, ngapain takut, saya bilang kok sama Pak Laoly Menkumham kebetulan dari PDIP, saya bilang, ‘awas lho ya kamu Kumham kalau enggak belain rakyatmu, aku copot lho ya’,” kata Megawati dalam pidato politiknya di Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat, 24 Mei 2024.
Baca Juga :

PDIP Jakarta Usulkan Sejumlah Nama untuk Pilgub DKI

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri di Rakernas 5 PDIP

Kemudian, Presiden ke-5 RI itu mengungkit kasus jurnalis Aiman Witjaksono yang sempat dipanggil polisi beberapa kali saat masa kampanye Pemilu 2024.
Baca Juga :

Megawati: Sekarang Pemilunya Langsung tapi Kok jadi Abu-abu Gitu Sudah Direkayasa

“Itu tadi ada siapa namanya, Pak Aiman, lho orang ngomong malah terus dipanggil toh,” ujar dia.Sebagai informasi, Rakernas V PDIP digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.Adapun Rakernas kali ini mengusung tema “Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang” dan subtema “Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.Sebanyak 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent hadir langsung dalam Rakernas V Partai.Sejumlah jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju terlihat menghadiri pembukaan Rakernas V PDIP, di antaranya Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) yang juga eks Sekjen PDIP, Pramono Anung; Menteri Sosial Tri Rismaharini; Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly; Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas; Menteri PPPA Bintang Puspayoga serta Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.Menteri Kabinet yang merupakan sahabat PDIP yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Kemudian, ada para tokoh nasional seperti Wakil Presiden Ke-6 RI Try Sutrisno hingga mantan Cawapres 2024, Mahfud MD terlihat hadir dalam pembukaan Rakernas.Selanjutnya beberapa elite PDIP, yaitu Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Djarot Syaiful Hidayat, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) serta beberapa elite PDIP lainnya. Kemudian, ada para ketua umum partai politik pendukung Ganjar-Mahfud, yaitu Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang dan perwakilan PPP.

Halaman Selanjutnya
Adapun Rakernas kali ini mengusung tema “Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang” dan subtema “Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.