Indonesia Tegaskan Komitmen Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

Pojokstudy ~

Senin, 20 Mei 2024 – 19:23 WIB

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menegaskan, Indonesia terus melakukan upaya kolaboratif guna memaksimalkan pengelolaan air di sektor pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :

Sandiaga Kasih Patung Banteng Hitam ke Puan, Sinyal Pertanda Apa?

Hal tersebut diutarakan Sandiaga dalam opening ceremony World Water Forum ke-10, yang dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Mangupura Hall, Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua, Bali.
“Sektor pariwisata banyak sekali bersinggungan dengan air, ada yang menyampaikan no water no tourism,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Senin, 20 Mei 2024.
Baca Juga :

Mendagri Tekankan Tiga Poin Penting pada Pertemuan Tingkat Menteri Forum Air Sedunia Ke-10

Dia memastikan, saat ini pemerintah telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, agar bagaimana sektor pariwisata dapat memaksimalkan penggunaan air yang dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat. “Dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Menparekraf, Sandiaga Uno.

Baca Juga :

Jokowi Ajak Elon Musk Investasi di RI, Ini Ragam Sektor yang Ditawarkan

World Water Forum merupakan forum internasional yang menghimpun para pemangku kepentingan di bidang air. Forum global yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali sejak 1997 ini mengajak semua pihak untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan berpraktik nyata dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya air yang berkelanjutan.Karena itu, Sandiaga berharap forum air sedunia ini dapat menjadi ajang di mana Indonesia menunjukkan kepemimpinannya dalam pengelolaan air. “Serta memastikan air sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita, dan akan terus kita jaga di masa yang akan datang untuk anak cucu kita,” kata Sandiaga.Dia mengatakan, Indonesia ke depan akan terus mengambil peran strategis dan berperan penting dalam pengelolaan air dunia. Hal ini karena dari 72 persen permukaan bumi yang tertutup air, hanya 1 persen yang bisa diakses dan digunakan sebagai air minum dan keperluan sanitasi.”Oleh karena itu tugas kita bersama untuk mengambil peran, apalagi Indonesia 65 persen wilayahnya adalah air,” ujar Sandiaga.Hal lain yang juga menjadi perhatian, menurut Sandiaga, adalah soal pemanfaatan teknologi yang akan menjadi bagian penting dalam pengelolaan air ke depan.”Seperti yang disampaikan Elon Musk yang hadir sebagai prominent speaker bahwa dengan teknologi maka pengelolaan air dan energi untuk menghadirkan kesejahteraan bersama akan semakin dimudahkan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Dia mengatakan, Indonesia ke depan akan terus mengambil peran strategis dan berperan penting dalam pengelolaan air dunia. Hal ini karena dari 72 persen permukaan bumi yang tertutup air, hanya 1 persen yang bisa diakses dan digunakan sebagai air minum dan keperluan sanitasi.