Bootcamp AKI 2024 dari Kemenparekraf Sukses Digelar di 8 Kota, Intip Keseruannya

Pojokstudy ~

Senin, 20 Mei 2024 – 07:23 WIB

VIVA Lifestyle – Sejak dimulai (Kick Off) pada 23 April 2024 lalu, program akselerator Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 sudah berlangsung di 8 kota (Bekasi, Serang, Denpasar, Magelang, Singkawang, Blitar, Palu dan Toba). 

Baca Juga :

Sandiaga: Maskapai Emirates Bakal Tambah Penerbangan ke Bali

AKI sendiri merupakan salah satu program strategis yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf). Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!
Pelaksanaan Bootcamp di masing-masing kota berlangsung selama 3 hari, dari total 12 kota yang ditargetkan kegiatan Bootcamp akan rampung di  tanggal 30 Mei 2024. 
Baca Juga :

Viral Ji Chang Wook Cicipi Sate Pinggir Jalan Jakarta, Berkah Si Pemilik Warung

Pada hari pertama, materi yang disampaikan mencakup Hak Kekayaan Intelektual, Pitching & Presentasi, dan Pengelolaan Keuangan. Hari kedua akan diisi dengan materi Produk Review & Branding, Marketplace & Promosi Digital, Design Thinking & Business Model, serta Legalitas & Standarisasi Usaha. Sebagai penutup, di hari terakhir peserta akan mengikuti materi Sosialisasi E-Katalog dan Coaching Clinic & Mentoring.
Baca Juga :

Inovasi Juga Bisa Tercipta di Bengkel Spesialis

Beberapa peserta merasakan manfaat setelah mengikuti Bootcamp. Seperti yang disampaikan Risa, owner dari The Cold Crafters, produsen kopi cold brewery.”Materi-materi di Bootcamp bagus, sangat relevan, aplikatif. Para mentor memberikan banyak tips dan trik, dan disampaikan dengan cara yang komunikatif,” ungkap Risa dalam keterangannya, dikutip Senin 20 Mei 2024. Kesan yang sama juga dirasakan Rici Narita, owner dari Narita Bakes, jenama bakery asal Kalimantan. “Pengalaman yang luar biasa. Bagi saya ajang ini bagus banget. Di sini saya tidak hanya ketemu teman-teman baru dari sekitar Kalimantan, tapi juga dari luar. Di AKI saya juga mendapat banyak materi baru yang saya belum tahu, seperti materi design thinking and business model yang disampaikan Pak Dwi Purnomo,” ujarnya. The Cold Crafters dan Narita Bakes adalah dua dari total 410 Jenama dari seluruh Indonesia, yang lolos mengikuti Fase Bootcamp. Para peserta ini disaring dari 6680 ribu pendaftar yang sudah masuk, dan dibagi dalam tujuh Subsektor ekraf, di antaranya Kuliner, Kriya, Fesyen, Aplikasi, Gim, Musik dan Film. Setelah Fase Bootcamp yang tinggal menyisakan 4 kota lagi (Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo dan Merauke) tahapan berikutnya adalah bagi para peserta terpilih akan ikut dalam pameran yang akan berlangsung di masing-masing kota dan kabupaten di akhir Mei hingga Agustus 2024. Kemudian ditutup dengan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan AKI 2024, dengan Malam Puncak yang akan diadakan di Jakarta pada September 2024 mendatang. 

Halaman Selanjutnya
Kesan yang sama juga dirasakan Rici Narita, owner dari Narita Bakes, jenama bakery asal Kalimantan.