Ada Misteri Tak Terpecahkan di Markas Badan Intelijen

Pojokstudy ~

Sabtu, 18 Mei 2024 – 10:45 WIB

Virginia, 18 Mei 2024 – Di balik tembok kokoh markas Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) di Langley, Amerika Serikat, terdapat sebuah misteri yang telah menantang kecerdasan para ahli kriptologi selama lebih dari tiga dekade.

Baca Juga :

Planet Aneh Ditemukan, Mirip Permen Kapas

Misteri ini terukir pada sebuah patung perunggu bernama Kryptos, sebuah monumen yang didirikan pada tahun 1990 dan menyimpan teka-teki yang membingungkan dalam bentuk pesan-pesan tersembunyi.
Dikutip VIVA Tekno dari laman Wired, patung Kryptos yang dirancang oleh seniman dan mantan kriptografer NSA, Jim Sanborn, bukan sekadar karya seni biasa.
Baca Juga :

Misteri Kematian Satpam di Agam Tanpa Kedua Bola Mata, Saksi Ungkap Ini

Di permukaannya, terdapat ukiran-ukiran indah yang menggambarkan berbagai elemen, seperti bunga bakung, kupu-kupu, dan kompas. Namun, di balik keindahan estetikanya, tersembunyi pesan-pesan terenkripsi yang menantang para ahli untuk memecahkan kodenya.

patung Kryptos di Markas CIA

Baca Juga :

Misteri Mayat Bayi Terkubur di Tanggamus Lampung

Patung Kryptos dihiasi dengan empat pesan tersembunyi, masing-masing ditulis dengan metode enkripsi yang berbeda. Tiga dari empat pesan ini telah berhasil dipecahkan, mengungkapkan kutipan dari berbagai sumber, termasuk kisah penemuan makam Raja Tutankhamun.Pesan pertama, yang terukir di dasar patung, dipecahkan dengan mudah menggunakan transposisi sederhana. Pesan kedua, yang lebih kompleks, membutuhkan analisis yang lebih mendalam dan akhirnya dipecahkan dengan menggabungkan teknik kriptografi dan petunjuk yang ditemukan di pesan pertama.Pesan ketiga, yang terukir di panel belakang patung, terbukti menjadi tantangan terbesar, membutuhkan kombinasi berbagai metode, termasuk analisis statistik dan identifikasi pola tersembunyi.Namun, pesan keempat, yang paling panjang dan kompleks, masih tetap menjadi teka-teki yang belum terpecahkan. Pesan ini, yang terukir di panel depan patung, telah menjadi daya tarik bagi para kriptografer dan pemecah kode amatir di seluruh dunia.Berbagai upaya telah dilakukan untuk memecahkannya, termasuk penggunaan algoritma canggih, analisis teks yang mendalam, dan bahkan crowdsourcing.Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, makna pesan keempat Kryptos masih belum terungkap. Hal ini telah melahirkan berbagai spekulasi dan teori tentang maknanya.Ada yang percaya bahwa pesan tersebut berisi rahasia penting tentang operasi CIA, sementara yang lain menduga bahwa itu hanyalah sebuah teka-teki yang dibuat untuk menantang para ahli kriptologi.

Ilustrasi bisnis dan hacker.

Halaman Selanjutnya
Pesan ketiga, yang terukir di panel belakang patung, terbukti menjadi tantangan terbesar, membutuhkan kombinasi berbagai metode, termasuk analisis statistik dan identifikasi pola tersembunyi.