Ganjar Ngaku Siap jadi Oposisi Prabowo, Senior PDIP Bilang Itu Murni Pribadi Bukan Partai

Pojokstudy ~

Rabu, 8 Mei 2024 – 10:01 WIB

Jakarta – Politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno menegaskan sikap oposisi yang dinyatakan Ganjar Pranowo merupakan murni pribadi, bukan mewakili partainya. PDIP disebutnya belum bersikap resmi terkait arah politik.

Baca Juga :

Sandiaga soal Peluang Gabung Prabowo-Gibran: Sesuai Namanya Partai Persatuan

Menurutnya, sikap PDIP terkait arah politik selama periode 2024-2029 akan diumumkan DPP. Selain itu, Hendrawan juga mengatakan sikap partainya untuk menentukan oposisi dan koalisi ke pemerintahan Prabowo-Gibran, tak bisa disampaikan sembarangan.
“Setahu saya itu sikap Pak Ganjar Pranowo. Sikap PDIP tentu yang menyampaikan pasti Pak Sekjen atau DPP,” kata Hendrawan saat dikonfirmasi, Rabu, 8 Mei 2024.
Baca Juga :

Bungkam Irma Nasdem, Refly: Harusnya Semua Anggota DPR Itu Oposisi Terhadap Pemerintah!

Hendrawan menambahkan Ganjar mesti memahami sikap kebatinan dari PDIP. Ia kembali menegaskan bahwa sikap Ganjar hanya mewakili diri sendiri.”Tentu sikap tersebut tidak disampaikan secara sembarangan. Sebagai kader PDIP dia (Ganjar) tahu suasana batin yang ada di PDIP. Tetapi sikap resmi PDIP bukan apa yang disampaikannya,” lanjut Hendrawan.
Baca Juga :

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai PDIP, Hendrawan Supratikno (kiri).

Photo :

Antara/ Septianda Perdana

Di sisi lain, Hendrawan juga menilai berada di luar pemerintahan atau oposisi bukan hal buruk dalam demokrasi. Kata dia, oposisi jangan dimaknai sebagai ekspresi ketidaksukaan atau memusuhi pemerintahan.”Oposisi harus dilihat sebagai upaya melengkapi peran-peran politik dalam sistem demokrasi, agar sistem tersebut bekerja dengan baik,” tuturnya.Mantan capres Ganjar Pranowo sebelumnya menegaskan tak akan bergabung dengan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029. Ganjar mengaku akan mengawal pemerintahan dengan cara lain.”Untuk mencintai republik ini, kita akan mengawal dengan cara lain. Dan, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini,” kata Ganjar dalam acara halal bi halal TPN Ganjar-Mahfud di Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.Meski demikian, Ganjar menyampaikan menghormati Prabowo-Gibran dalam memimpin pemerintahan lima tahun ke depan. Dia berjanji akan senantiasa melakukan kontrol terhadap pemerintahan.”Politiknya ada, cara berpolitik yang benar tidak musti dengan cara keras dan semua sama-sama terhormat tidak perlu saling mencibir,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
“Oposisi harus dilihat sebagai upaya melengkapi peran-peran politik dalam sistem demokrasi, agar sistem tersebut bekerja dengan baik,” tuturnya.