Dekranas Optimis Lestarikan Kerajinan Nasional Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi

Pojokstudy ~

Rabu, 8 Mei 2024 – 19:24 WIB

Jakarta – Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) bakal menggelar Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-44, yang akan berlangsung pada tanggal 15-18 Mei 2024 di Solo, Jawa Tengah. 

Baca Juga :

InJourney Targetkan 50 Ribu Orang Kunjungi Borobudur saat Perayaan Waisak 2024

Acara itu rencananya juga bakal dihadiri oleh Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo, Ketua Umum Dekranas, Wury Maruf Amin, serta Ketua dan Pengurus Dekranas dan Dekranasda dari seluruh Indonesia.
Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian menjelaskan, sehingga nantinya akan ada serangkaian kegiatan beragam untuk merayakan dan menghormati kreativitas serta perjuangan UMKM Indonesia, dengan mengangkat tema ‘Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa’.
Baca Juga :

Cetak Laba Bersih 2023 Rp 6,8 Triliun, Jasa Marga Bagikan Dividen Rp 274,8 Miliar

Dekarnasda Tangerang Selatan.

“Dengan tema Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa ini, mudah-mudahan Dekranas bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan khususnya dari sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia,” kata Tri dalam keterangannya, Rabu, 8 Mei 2024.
Baca Juga :

BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

Dia mengatakan, meskipun kini banyak modernisasi, namun Dekranas masih mempunyai program-program yang juga membantu perajin melestarikan budaya Indonesia.

Kemenhub dan Dekarnas gelar pelatihan untuk pengrajin.

Senada, Ketua Panitia Pelaksana HUT Dekranas ke-44, Loemongga Agus Gumiwang mengatakan, perayaan yang akan dilakukan di Solo ini nantinya juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Rencananya akan ada pameran/expo yang melibatkan Dekranasda dari berbagai provinsi, kota, maupun kabupaten. “Nantinya akan ada pameran di daerah Pura Mangkunegaran, yang hingga saat ini sudah tercatat 257 booth. Ada juga acara kirab atau pawai budaya yang berlangsung pada tanggal 15 Mei yang menampilkan mobil hias dan defile/arak-arak dari ribuan ibu-ibu PKK,” ujar Loemongga.

Halaman Selanjutnya
Senada, Ketua Panitia Pelaksana HUT Dekranas ke-44, Loemongga Agus Gumiwang mengatakan, perayaan yang akan dilakukan di Solo ini nantinya juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Rencananya akan ada pameran/expo yang melibatkan Dekranasda dari berbagai provinsi, kota, maupun kabupaten.