Dari Dokter Hingga Pengusaha, Perjalanan Inspiratif Daniel Tanri Rannu

Pojokstudy ~

Selasa, 7 Mei 2024 – 21:36 WIB

VIVA Lifestyle – Daniel Tanri Rannu, seorang dokter yang juga seorang pengusaha sukses, tidak hanya mengejar karier kedokteran, tetapi juga aktif mengembangkan bisnis properti. Rannu, pendiri Jendela360 dan CariProperti, telah berhasil membangun perusahaan teknologi properti sejak tahun 2016.

Baca Juga :

Soroti Tutupnya Pabrik Sepatu Bata, Jokowi Tegaskan Ini

Daniel mengungkapkan bahwa Jendela360 telah beroperasi selama 8 tahun dan kini memiliki tim yang berkembang dengan 270 anggota. Startup ini mengalami pertumbuhan pesat dengan pendekatan O2O (Online to Offline) setelah mendapatkan investasi sebesar US$2 juta dari investor terkemuka Indonesia dan Jepang. Scroll lebih lanjut ya.
Dengan pendekatan O2O, Jendela360 tidak hanya membuat transaksi properti lebih efisien melalui teknologi, tetapi juga lebih efektif dengan pendekatan hubungan antarpribadi.
Baca Juga :

Keuntungan Miliki Properti, Proses KPR dari Bank Terbesar di Indonesia Lebih Mudah

Menurut Daniel, prestasi ini menunjukkan kepercayaan investor yang signifikan pada perusahaan, bukan hanya sekadar investasi biasa. Selain fokus pada Jendela360, Rannu juga membangun startup lain, CariProperti, yang semakin meluas.
Baca Juga :

2 Orang Ini Siap Mengawal Laju Bisnis Perusahaan

“Saat ini kita dikenal sebagai startup one of the largest proptech platform di Indonesia. Bisa dibilang capaian ini adalah bentuk kepercayaan investor di mana investornya bukan investor kaleng-kaleng,” kata Daniel.Kisah kesuksesan Daniel tidak terlepas dari latar belakang keluarga sederhana di Jakarta. Meskipun tidak memiliki kecukupan finansial, tekad untuk mendapatkan pendidikan tinggi telah mendorongnya dan kedua saudaranya.Meskipun orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikan mereka, Daniel dan kedua saudaranya berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hal ini membuktikan ketekunan mereka dalam meraih cita-cita meskipun dari latar belakang yang kurang mampu.Setelah lulus dari Universitas Atmajaya dengan gelar kedokteran, Daniel menghadapi pilihan sulit antara melanjutkan karir medis atau terjun ke dunia bisnis startup. Meskipun menyadari prospek yang cerah dalam bidang kesehatan, passion dan peluang dalam dunia bisnis memimpinnya untuk memulai startup.Perjalanan bisnisnya dimulai dengan membangun platform e-commerce untuk peralatan sulap, Rajasulap, yang berhasil terkenal selama sepuluh tahun sebelum tren pasar berubah.Meskipun menghadapi beberapa kegagalan, seperti bisnis platform pencarian jasa yang tidak berhasil, Daniel terus belajar dan mengembangkan ide-ide baru. Akhirnya, pada tahun 2016, ia berhasil meluncurkan Jendela360, platform pertama di Indonesia yang menawarkan virtual tour untuk properti.Dari pengalaman dan kesalahan sebelumnya, Daniel menyadari pentingnya memprioritaskan nilai bisnis daripada hanya berfokus pada pertumbuhan pasar. Menurutnya, menciptakan nilai bagi pasar adalah kunci untuk kesuksesan jangka panjang dalam membangun startup.Dengan semangat dan kegigihan, Daniel Tanri Rannu terus mengukir prestasi dalam dunia bisnis, membuktikan bahwa dengan tekad dan inovasi, segala hal mungkin tercapai.

Halaman Selanjutnya
Meskipun orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikan mereka, Daniel dan kedua saudaranya berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hal ini membuktikan ketekunan mereka dalam meraih cita-cita meskipun dari latar belakang yang kurang mampu.