Curhat Punya Menantu Perempuan Tidak Sesuai Kriteria, Begini Balasan Menohok Mamah Dedeh

Pojokstudy ~

Selasa, 7 Mei 2024 – 12:22 WIB

VIVA Lifestyle – Ketidak rukunan antara istri dengan ibu mertua sering ditemukan di kalangan masyarakat tanah air. Banyak dari ibu mertua yang merasa tidak cocok dengan menantunya lantaran menganggap menantunya itu tidak masuk dalam kriteria menantu idamannya.

Baca Juga :

Berkacara dari Rumah Tangga Ria Ricis dan Teuku Ryan, 5 Hal Sederhana yang Bikin Rumah Tangga Adem

Hal ini juga diutarakan oleh salah satu jamaah yang hadir dalam kajian Mamah Dedeh. Lantas bagaimana Mamah Dedeh menanggapinya? Scroll lebih lanjut ya.
“Bagaimana cara kita menghadapi menantu yang tidak memasuki kriteria kita?,” tanya salah satu jamaah dikutip dari potongan video acara Sirqol Mamah Dedeh di akun TikTok.
Baca Juga :

Sederet Tips Hadapi Suami yang Lebih Mementingkan Ibunya Ketimbang Istri

Mendengar hal itu, Mamah Dedeh langsung memberikan pengertian bahwa sebagai ibu mertua tidak boleh berharap memiliki menantu yang sempurna. Sebab tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.
Baca Juga :

Edy Rahmayadi Siap Bertarung Lawan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024

“Rasul mengatakan ‘manusia tempatnya salah, tempatnya lupa’ tidak ada manusia yang sempurna tidak ada. Jangan kita sebagai orang tua berharap punya menantu yang sempurna. Kita punya kekurangan enggak ibu? yang bedanya sangat urgen atau tidak?,” kata Mamah Dedeh.Mamah Dedeh kemudian bertanya apa kekurangan menantu perempuan ibu tersebut hingga membuatnya kurang ‘sreg’. Disebutkan oleh jamaah tersebut bahwa menantu perempuannya sulit untuk bangun pagi. “Susahnya kita biasanya bangun pagi, mantu susah bangun,” kata jamaah itu.

Mamah Dedeh

Photo :

IG @rumahmamahdedeh_tvone

Mamah Dedeh mengungkap bahwa sebagai ibu mertua yang dilakukannya hanya berbicara kepada anak laki-lakinya untuk menasehati istrinya bangun pagi. Mamah Dedeh juga menyebut tidak boleh ibu mertua langsung menegur menantu perempuannya.”Artinya Anda ngomong sama anak Anda ‘bangunin bini lo, solat subuhnya jam berapa’ jangan kita ngomong sama mantu. Mantu eneg kalau kita ngomong. Ngomong sama anak ‘kamu kepala keluarga, kamu tanggung jawab sama Allah. Pemimpin keluarga, bangunin tuh bini’,” kata Mamah Dedeh.Namun menariknya, setelah diketahui bahwa ternyata anak laki-lakinya juga sulit bangun pagi. Mamah Dedeh langsung bereaksi, bahwa jika ingin memiliki menantu yang baik maka sebagai orang tua wajib mendidik anak laki-lakinya untuk menjadi anak baik.”Tapi anak ibu bangun pagi?,” tanya Irfan Hakim. “Susah juga,” jawab jamaah itu.”Naah itu dia, punten ibu Anda curang, saya tadi bilang kalau kita mau punya menantu yang baik, didik dulu anak kita baik. Kalau pengen punya menantu rajin ibadah, didik anak rajin ibadah. Gimana menantu mau bangun pagi, kepala keluarganya bangun gitu, omelin anak ibu aja dulu, ngarang aja lo,” kata Mamah Dedeh.

Halaman Selanjutnya
“Susahnya kita biasanya bangun pagi, mantu susah bangun,” kata jamaah itu.