Jokowi Ungkap Ketakutan Negara Dunia Saat Ini, Wamenkeu Bicara Dampaknya ke RI

Pojokstudy ~

Senin, 6 Mei 2024 – 19:33 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, saat ini suku bunga dan kenaikan harga minyak global menjadi ketakutan semua negara di dunia. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara pun merespons bagaimana dampaknya ke Indonesia.

Baca Juga :

Ekonomi Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen di Tengah Gejolak Global, Sri Mulyani: APBN Jaga Daya Beli

Suahasil mengatakan, kedua hal yang ditakutkan itu memang kemungkinan bisa berdampak ke Indonesia. Misalnya saja harga minyak, dia menyebut bahwa kenaikan itu akan mempengaruhi kompensasi dan subsidi.
“Beberapa variabel itu sangat mempengaruhi cost belanja kita, sehingga mempengaruhi APBN jadi tentang biaya harga minyak pasti mempengaruhi subsidi dan kompensasi kita,” kata Suahasil di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 6 Mei 2024. 
Baca Juga :

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

Kemudian, terkait suku bunga, Suahasil menjelaskan bahwa hal ini akan mempengaruhi pergerakan ekonomi secara keseluruhan.”Tentang bunga itu mempengaruhi gerak ekonomi secara keseluruhan, dan kurs sebenarnya juga mempengaruhi kita,” ujarnya. 
Baca Juga :

Ringankan APBN, Indonesia Re Godok Skema Pembiayaan Rekonstruksi Akibat Bencana

Dengan demikian, Suahasil menegaskan bahwa Pemerintah akan terus mencermati dampaknya ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Jadi kita perhatikan ini terus menerus tapi nanti bagaimana efek ke APBN. Dan kita tiap bulan kita selalu paparkan tuh APBN pergerakan tiap bulan dengan pergerakan kurs seperti apa dan pergerakan bunga tiap bulan kaya apa nanti kelihatan di situ,” imbuhnya.