Mengenal Mepamit, Tradisi Pamitan dalam Prosesi Adat Bali yang Dilakukan Mahalini dan Rizky Febian

Pojokstudy ~

Minggu, 5 Mei 2024 – 18:58 WIB

Bali – Pasangan Mahalini Raharja dan Rizky Febian mengikuti serangkaian proses adat menuju hari pernikahan yang mengusung adat Bali pada hari ini, Minggu 5 Mei 2024. 

Baca Juga :

Jalani Rangkaian Pernikahan, Mahalini Raharja Minta Izin Keluarga untuk Hidup Bareng Rizky Febian

Acara keduanya disebut dengan upacara adat Mepamit. Diketahui, upacara adat Mepamit adalah upacara pernikahan dalam agama Hindu di Bali untuk berpamitan kepada leluhur.

Rizky Febian dan Mahalini dalam upacara adat Mepamit

Photo :

Instagram @mahaliniraharja

Baca Juga :

6 Potret Rizky Febian dan Mahalini Saat Mengikuti Serangkaian Proses Upacara Adat Mepamit di Bali

Acara pernikahan diawali dengan prosesi adat Bali yang dipandu oleh prajuru adat dan prajuru dinas. Tokoh masyarakat setempat juga dikabarkan hadir dalam memeriahkan acara tersebut.Upacara adat Mepamit Mahalini dan Rizky Febian yang mengusung adat Bali ini menarik perhatian banyak orang. Banyak yang penasaran dengan maksud dari prosesi adat yang dilangsungkan. Pernikahan ini diharapkan menjadi momen yang indah dan penuh makna bagi kedua mempelai.
Baca Juga :

Menikah Hari Ini, Intip Suasana Kediaman Mahalini yang Penuh Dekorasi Khas Bali

Lantas, seperti apa arti dan makna dari upacara adat Mepamit yang dilakukan Rizky Febian dan Mahalini? Mengenal Prosesi MepamitKata mepamit diambil dari bahasa Bali yang berarti ‘pamit’ atau ‘berpamitan’, sebagaimana yang dimuat dalam buku Upacara Pawiwahan Dalam Agama Hindu yang ditulis oleh Luh Sukma Ningsih.Mepamit merupakan salah satu prosesi penting dalam pernikahan adat Bali. Dalam prosesi ini, calon pengantin memohon ijin dan restu kepada leluhur mereka untuk melangsungkan pernikahan. Upacara ini biasanya dilakukan di rumah mempelai wanita.Prosesi Mepamit diawali dengan sembahyang di pura keluarga. Kemudian, dilanjutkan dengan berbagai ritual adat lainnya, seperti menghaturkan sesaji, memotong ayam, dan menari. Calon pengantin juga akan mengenakan pakaian adat Bali yang indah dan membawa berbagai persembahan.Makna Mendalam Upacara Adat MepamitProsesi Mepamit memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Hindu di Bali. Upacara ini merupakan wujud rasa hormat dan terima kasih kepada leluhur atas segala perlindungan dan tuntunan yang telah diberikan. Selain itu, Mepamit juga bertujuan untuk memohon kelancaran dan kebahagiaan bagi pernikahan pasangan tersebut.Mepamit menandakan penyatuan dua keluarga, yaitu keluarga mempelai wanita dan mempelai pria. Upacara ini menjadi simbol awal terciptanya hubungan kekerabatan baru.Secara simbolis, prosesi Mepamit menandakan pelepasan tanggung jawab orang tua mempelai wanita kepada calon suaminya. Calon pengantin wanita siap memasuki kehidupan baru bersama pasangannya.

Rizky Febian dan Mahalini dalam upacara adat Mepamit

Photo :

Instagram @mahaliniraharja

Upacara ini juga bertujuan untuk memohon kelancaran dan kebahagiaan bagi pernikahan pasangan tersebut. Doa dan harapan dipanjatkan agar pernikahan mereka langgeng dan penuh cinta kasih.Mepamit bukan hanya sekedar ritual adat, tetapi juga momen penuh makna bagi keluarga dan pasangan pengantin. Prosesi ini memperkuat rasa cinta dan kasih sayang antar anggota keluarga, serta menumbuhkan rasa saling menghormati dan menghargai.

Halaman Selanjutnya
Mengenal Prosesi Mepamit