6 Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Tidak Boleh Dilakukan di Tanah Suci

Pojokstudy ~

Sabtu, 4 Mei 2024 – 08:25 WIB

VIVA – Tanah suci dianggap sebagai tempat kebaikan dan diberkahi, di mana umat Islam diwajibkan untuk melakukan ibadah haji dan umrah. Adapun di tanah suci terdapat larangan yang tidak boleh dilakukan para jemaah, larangan di tanah suci mencerminkan nilai-nilai Islam yang menjunjung tinggi perdamaian, kasih sayang, dan rasa hormat. 

Baca Juga :

Arab Saudi Dilanda Banjir Bandang, Jalan hingga Sekolah Ditutup

Larangan ini bertujuan untuk menjaga kesucian dan kekhusyukan tempat tersebut, serta menciptakan suasana yang kondusif untuk beribadah. Dengan mematuhi larangan tersebut, umat Islam menunjukkan komitmen mereka terhadap ajaran Islam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Umat Muslim melakukan Tawaf keliling Kakbah sebagai bagian dari pelaksanaan ibadah Umroh di Masjidil Haram, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi

Baca Juga :

Jemaah Indonesia akan Dapat Smart Card dari Arab Saudi, Apa Fungsinya?

Larangan di tanah suci juga bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan dan perselisihan antar jamaah. Dengan mematuhi peraturan yang sama, jamaah dapat fokus pada ibadah mereka dan menciptakan pengalaman yang positif bagi semua orang.Dilansir dari Kemenag pada Sabtu, 4 Mei 2024, sebagai tempat suci, terdapat aturan dan larangan yang harus dipatuhi oleh para jamaah saat berada di tanah suci. Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di Tanah Suci:
Baca Juga :

Arab Saudi Tingkatkan Real Estate, Pembeli Terbanyak dari Indonesia

1. Membuat video dengan durasi lamaPada dasarnya, pembuatan video atau audio diperbolehkan namun jangan terlalu lama dan statis. Jika ingin membuat video, hindari pemakaian tripod, lampu, mikrofon dan lainnya yang bersifat mencolok. Di tanah suci, banyak sekali petugas yang mengawasi kawasan tersebut dan petugas akan menegur jika dianggap mencurigakan, bahkan rekaman video tersebut bisa disita dan dihapus.2. Membentangkan spandukSaat di tanah suci, para jemaah dilarang untuk membentangkan spanduk, bendera, atau barang yang menunjukkan identitas personal ataupun kelompok.3. Berkerumun lebih dari 5 orangKetika para jemaah berada di tanah suci, janganlah untuk berkerumun lebih dari 5 orang dalam waktu lama. Hal ini bisa menghambat pergerakan dan menimbulkan kecurigaan. Jika harus bertemu, lakukan di luar masjid atau sambil berjalan.4. Mengambil barang temuanJangan ambil barang yang tergeletak di masjid atau sekitarnya walaupun barang tersebut bukan milik anda. Laporkanlah kepada petugas terdekat jika menemukan barang berharga.

Peziarah mengunjungi bukit Jabal Rahmah di kawasan Padang Arafah, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu, 4 Mei 2019.

5. MerokokSalah satu yang sangat dilarang ketika jemaah melakukan ibadah di tanah suci, para jemaah tidak diperbolehkan untuk merokok di sekitar kawasan masjid. Jika anda ketahuan melakukan hal tersebut, anda akan ditegur bahkan bisa ditahan.6. Buang sampah sembaranganJagalah kebersihan masjid dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jika ingin membuang sampah, gunakan tempat sampah yang disediakan.

Halaman Selanjutnya
Pada dasarnya, pembuatan video atau audio diperbolehkan namun jangan terlalu lama dan statis. Jika ingin membuat video, hindari pemakaian tripod, lampu, mikrofon dan lainnya yang bersifat mencolok. Di tanah suci, banyak sekali petugas yang mengawasi kawasan tersebut dan petugas akan menegur jika dianggap mencurigakan, bahkan rekaman video tersebut bisa disita dan dihapus.