Usai Keributan Avsec dengan Penumpang, AP II Bandara Soetta Minta Penumpang Perhatikan Barang Bawaan

Pojokstudy ~

Kamis, 2 Mei 2024 – 12:26 WIB

Tangerang – PT Angkasa Pura (AP) II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang meminta agar, para penumpang dapat mengetahui barang bawaan apa saja yang diperbolehkan ke dalam pesawat. Hal ini sebagai upaya keamanan dalam layanan transportasi udara.”Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik, Bandara Soekarno-Hatta meminta pengertian penumpang, dimana sebelum proses keberangkatan, calon penumpang wajib mengetahui aturan terkait barang apa saja yang boleh atau tidak masuk ke dalam pesawat,” kata Senior Manager of Branch Communication and Legal, Holik Muardi, Kamis, 2 Mei 2024.Dia melanjutkan, dalam meningkatkan dan menjaga keamanan pada transportasi udara, tidak hanya melalui kesadaran penumpang melainkan tetap menerapkan proses pemeriksaan di security check point yang dilakukan secara detail. “Pemeriksaan ini untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang di pesawat,” ujarnya.

Baca Juga :

Pendapatan Garuda Indonesia Kuartal I-2024 Naik 18,07 Persen

Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta.

Bandara Soekarno-Hatta pun dengan tegas selalu berkomitmen untuk memastikan aspek keamanan, keselamatan, dan memberikan pelayanan yang unggul untuk melayani pengguna jasa di bandara, serta pemenuhan regulasi yang tinggi guna memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi seluruh penumpang pesawat.”Regulasi terkait keamanan dan keselamatan penerbangan harus sepenuhnya ditaati, tanpa toleransi apapun. Pemeriksaan keamanan yang dilakukan oleh petugas Aviation Security (Avsec), melalui security check point (SCP), menjadi salah satu upaya penting sebelum penumpang menuju boarding lounge untuk menunggu ke dalam pesawat,” ujarnya.Melalui proses pemeriksaan di security check point, petugas Avsec dapat mendeteksi dan mencegah masuknya barang-barang yang dilarang atau berbahaya ke dalam area keberangkatan pesawat. Barang-barang yang termasuk senjata, benda tajam, cairan tertentu, dan benda-benda lain yang dapat membahayakan penerbangan.Selain itu, pemeriksaan keamanan juga bertujuan untuk mencegah akses penumpang yang tidak sah ke area terlarang di bandara dan untuk memastikan bahwa semua penumpang mematuhi peraturan keamanan penerbangan yang berlaku. Dengan demikian, security check point merupakan langkah penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan bandara dan penerbangan secara keseluruhan.Diketahui sebelumnya, terjadi keributan antara petugas Avsec dan penumpang di Terminal 2, Bandara Soetta, Tangerang. Dimana, adanya barang bawaan penumpang yang dilarang untuk masuk ke dalam pesawat.
Baca Juga :

7 Bandara Ditutup Sementara Akibat Erupsi Gunung Ruang

Manajemen Sriwijaya Air Buka Suara soal Pendirinya Jadi Tersangka Korupsi Timah
Manajemen PT Sriwijaya Air buka suara, terkait pendiri Sriwijaya yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penyalahgunaan izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah.

VIVA.co.id
1 Mei 2024