Golkar Tetap Optimis Meski Elektabilitas Ahmed Zaki Masih Rendah di Bursa Cagub DKI

Pojokstudy ~

Minggu, 28 April 2024 – 15:40 WIB

Jakarta – Partai Golkar akan mengusung Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar di Pilkada DKI Jakarta 2024. Namun, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar DKI Jakarta Basri Baco mengaku elektabilitas Zaki dalam bursa calon Gubernur (cagub) DKI Jakarta masih rendah. 

Baca Juga :

Sinyal Siap Lawan Menantu Jokowi, Ijeck: Kita Mau Bersaing Secara Sehat

Dukungan masyarakat kepada Zaki dalam beberapa lembaga survei masih kalah populer dengan tokoh lain, seperti Tri Rismaharini, Ridwan Kamil, Basuki Tjahaja Purnama, Anies Baswedan, dan nama-nama lainnya.
“Hasil survei terakhir memang belum terlalu besar,” kata Basri Baco kepada wartawan, Minggu, 28 April 2024.
Baca Juga :

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar, di Jakarta, Minggu, 3 Desember 2023.

Photo :

ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Di sisi lain, Basri Baco tetap yakin Zaki masih bisa bersaing dengan calon-calon lainnya saat tahapan kampanye hingga hari pemilihan Pilkada Serentak 2024 November mendatang. Menurutnya, penentu kemenangan calon di kontestasi politik bukan hanya didasarkan pada kepopuleran tokoh.
Baca Juga :

Pilgub Jateng 2024, Survei: Elektabilitas Sudaryono Moncer Dinggap Bisa Bawa Perubahan

Ia berkaca pada proses Pilkada 2017. Di mana, dalam hasil sejumlah survei sebelum pemungutan suara, elektabilitas Anies Baswedan-Sandiaga Uno masih kalah dari Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiiful Hidayat. Namun, Anies-Sandi yang terpilih menjadi pemimpin Jakarta periode 2017-2022.”Jadi, elektabilitas atau popularitas bisa tapi menurut saya tidak utama, bukan penentu satu satunya. Karena fakta membuktikan zaman Anies bisa kejadian,” ucap Basri Baco.Baco menambahkan, Zaki dinilai memiliki keunggulan yakni berpengalaman sebagai kepala daerah, yakni Bupati Tangerang dua periode. Zaki juga memahami persoalan Jakarta lantaran menjabat sebagai Ketua DPD Golkar DKI.”Kita punya harapan besar. Kenapa? Pengalaman ada, kontribusi ada. Sudah biasa dengan DKI Jakarta. Lima tahun memimpin Golkar DKI Jakarta, 10 tahun memimpin Tangerang sebagai kepada daerah. Politik juga paham dibandingkan yang lain,” kata dia.Di sisi lain, Baco mengatakan pihaknya tak bisa mengusung tanpa koalisi partai. Sebab, perolehan jumlah kursi Golkar di DPRD DKI belum cukup untuk mengusung calon gubernur dan wakil gubernur.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar

Sehingga, lanjut dia, bisa saja Golkar mengusung Zaki sebagai calon wakil gubernur dengan membentuk koalisi. Yang jelas, parpol koalisi yang kemungkinan besar berjalan bersama Golkar tak berbeda dengan koalisi di Pilpres 2024 yang mengusung Prabowo-Gibran. “Golkar adalah partai di 5 besar, tapi tak bisa maju sendiri. Kita cuma 10 kursi. Minimal perlu 10-12 kursi lagi. Jadi harus gandeng 1 partai besar atau 2 partai sedang. Kita masih ke koalisi 02. Kalau ini saja sudah sangat cukup. Tapi apakah Gerindra punya calon atau tidak? kita tak tahu. PAN ada calon atau tidak?” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Baco menambahkan, Zaki dinilai memiliki keunggulan yakni berpengalaman sebagai kepala daerah, yakni Bupati Tangerang dua periode. Zaki juga memahami persoalan Jakarta lantaran menjabat sebagai Ketua DPD Golkar DKI.