5 Negara Berkembang Paling Meroket Ekonominya di 2024

Pojokstudy ~

Kamis, 4 April 2024 – 11:48 WIB

VIVA – Setiap tahun, pertumbuhan ekonomi menjadi fokus utama bagi banyak negara di seluruh dunia. Pada tahun 2024, beberapa negara menonjol dengan pertumbuhan ekonomi yang mengesankan, menandai kemajuan mereka dalam mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang. Dikutip dari Insider Monkey, berikut adalah daftar negara berkembang paling cepat pertumbuhan ekonominya pada tahun 2024.

Baca Juga :

Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Positif di Dunia

1. Makau (Wilayah Administratif Khusus Republik Rakyat Tiongkok)

Hotel-hotel kasino besar di Makau

Baca Juga :

Setelah Pakistan Geser Indonesia, Ini 5 Negara dengan Penduduk Muslim Terbesar di Dunia

Makau, sebuah wilayah administratif khusus Republik Rakyat Tiongkok, memimpin daftar sebagai negara yang berkembang paling cepat pada tahun 2024. Dengan pertumbuhan PDB riil sebesar 74,4% dan pertumbuhan PDB per kapita sebesar 7,11% pada tahun 2023, Makau menunjukkan momentum yang luar biasa dalam perkembangan ekonominya.2. Guyana
Baca Juga :

Mandor Bangunan Diduga Bunuh Diri di Depok, Isi Surat Wasiat Bikin Pilu

Guyana, sebuah negara di Amerika Selatan, menyusul di peringkat kedua dengan pertumbuhan PDB riil mencapai 38,4% pada tahun 2023. Selain itu, PDB per kapita negara ini tumbuh sebesar 13,51% selama tahun yang sama. Dukungan dari sektor energi dan sumber daya alam telah menjadi pendorong utama dalam percepatan pertumbuhan ekonomi negara ini.Libya, negara di Afrika Utara, menempati peringkat ketiga dengan pertumbuhan PDB riil sebesar 12,5% dengan tingkat pertumbuhan PDB per kapita sebesar 6,81% pada tahun 2023. Meskipun menghadapi tantangan dalam konteks politik dan keamanan, Libya berhasil mencatat pertumbuhan ekonomi yang signifikan, menunjukkan potensi besar bagi masa depannya.

Anantara Kihavah di Maladewa

Photo :

Courtesy Anantara Kihavah

Maladewa, sebuah negara kepulauan di Asia Selatan, memperoleh peringkat keempat dengan pertumbuhan PDB riil sebesar 8,1% dan pertumbuhan PDB per kapita sebesar 4,56% pada tahun 2023. Sektor pariwisata dan industri kelautan menjadi penyumbang utama dalam kemajuan ekonomi Maladewa.5. SamoaSamoa, sebuah negara kepulauan di Oseania, menempati peringkat kelima dengan pertumbuhan PDB riil sebesar 8% pada tahun 2023. Meskipun memiliki ukuran ekonomi yang relatif kecil, Samoa berhasil mencatat pertumbuhan yang signifikan, menunjukkan potensi untuk terus berkembang di masa depan.Pertumbuhan ekonomi yang kuat di negara-negara ini mencerminkan upaya mereka dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk investasi dan pembangunan. Dengan memanfaatkan sumber daya alam, sektor industri, dan inovasi ekonomi, negara-negara ini telah mengukuhkan posisi mereka sebagai pemain utama dalam peta pertumbuhan global.

Halaman Selanjutnya
3. Libya