Sangat Pantas, Punya Catatan Positif

Pojokstudy ~

Selasa, 2 April 2024 – 23:18 WIB

Jakarta – Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto dapat dukungan agar kembali menjadi nakhoda partai berlambang pohon beringin itu di Musyawarah Nasional (Munas) 2024. Salah satu dukungan disuarakan ormas pendiri Golkar yakni Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong atau Kasgoro 1957

Baca Juga :

PDIP Sebut Puan Maharani Hadiri Buka Puasa Bersama dengan TKN sebagai Ketua DPR RI

Pengamat politik sekaligus Direktur Center for Indonesian Reform (CIR) Hidayaturrahman menganalisa figur Airlangga dinilai bisa mengkonsolidasikan kekuatan dan sumber daya partai untuk pemenangan Pemilu 2024.
Menurut dia, pencapaian Golkar di Pemilu 2024 jadi salah satu alasan banyak pengurus, ormas sayap, dan tokoh partai yang ingin figur Menko Perekonomian itu kembali memimpin.
Baca Juga :

Golkar Terbukti Disenangi Masyarakat, MKGR Serahkan Surat Dukungan untuk Airlangga

“Sebagai ketua umum partai besar Airlangga juga mampu menggerakkan mesin pemenangan Golkar di Pemilu 2024. Jadi, ini sangat pantas jika beberapa organisasi pendiri menyuarakan Airlangga dipercayakan jadi Ketua Golkar,” kata Hidayaturrahman, Selasa, 2 April 2024.

Capres Prabowo Subianto hadiri perayaan HUT Partai Golkar ke-59

Baca Juga :

Megawati Bisa Bertemu Prabowo setelah Proses di MK Selesai, Menurut Sekjen PDIP

Menurut dia, sosok Airlangga dibutuhkan di tengah persaingan parpol yang semakin ketat seperti sekarang.Ia menyebut figur Airlangga cerdas dalam mengoptimalkan potensi dan kekuatan internal.Selain itu, eks Menteri Perindustrian itu juga dianggap jeli melihat kelemahan lawan sehingga bisa keluar jadi pemenang pemilu.”Pada saat persaingan partai politik sangat ketat, kepiawaian ketua umum untuk menjadi pemenang pemilu akan diuji. Dan, menurut saya Airlangga telah berhasil membuktikan itu,” lanjut Dosen ilmu politik Universitas Wiraraja tersebut.Dia menilai raihan suara Golkar secara nasional yang mencapai 23 juta atau 15,28 persen di Pileg 2024 merupakan prestasi luar biasa. Pun, menurut dia, tugas Airlangga selanjutnya jika kelak kembali pimpin Golkar adalah bisa menularkan kesuksesan di tingkat nasional ke level kepengurusan kabupaten/kota.Ia mengatakan demikian karena di tingkat daerah suara Golkar beberapa wilayah turun terutama kabupaten dan kota. “Namun, secara nasional Golkar berhasil memenangkan pemilu. Itu catatan positif bagi Airlangga,” ujar Hidayaturrahman.Sebelumnya, sejumlah ormas sayap Golkar seperti Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kasgoro 1957, dan beberapa DPD Golkar di daerah menyatakan dukungan kepada Airlangga agar memimpin kembali Golkar.Dinamika tersebut dinilai bisa membuat kans Airlangga kembali memimpin Golkar makin besar.Sebelumnya, PPK Kasgoro 1957 deklarasikan dukungan kepada Airlangga agar kembali pimpin Golkar di Munas 2024.Deklarasi dukungan itu dibacakan Sekjen PPK Kasgoro 1957 Sabil Rachman di sela kegiatan Silaturahmi dan Buka Puasa Ramadan di Fairmont Hotel, Jakarta, Senin, 1 April 2024. Kemudian, surat dukungan juga langsung diserahkan Ketum PPK Kasgoro 1957 Dave Laksono kepada Airlangga.

Halaman Selanjutnya
“Pada saat persaingan partai politik sangat ketat, kepiawaian ketua umum untuk menjadi pemenang pemilu akan diuji. Dan, menurut saya Airlangga telah berhasil membuktikan itu,” lanjut Dosen ilmu politik Universitas Wiraraja tersebut.