Apa itu Dedicated Server ? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

oleh -13 views
Pengertian Database Server
Pengertian Database Server

Apa Itu Dedicated Server?

 

Dedicated Server/Hosting pada dasarnya memiliki pengertian bahwa situs web Anda memiliki server sendiri untuk dirinya sendiri. Server jenis ini menawarkan kekuatan dan fleksibilitas yang luar biasa, namun hal ini sebanding dengan harganya yang premium. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset sebelum memilih dan membeli jenis paket ini.

Sebagian besar situs web memulai dengan paket shared hosting tetapi ketika mereka mulai berkembang melampaui batas shared hosting yang murah itu. Opsi Anda di sini dapat mencakup peningkatan ke server pribadi virtual (VPS) atau Dedicated Server. Terserah Anda untuk mempertimbangkan berbagai opsi.Seperti yang mungkin Anda ketahui, shared hosting menyimpan situs Anda di server dengan kemungkinan ratusan situs lainnya. Untuk blog pribadi atau bisnis yang sangat kecil, opsi ini sudah cukup. Namun, ini bukan pilihan terbaik untuk kinerja, dan Anda juga kehilangan fleksibilitas karena Anda tidak dapat mengonfigurasi sendiri (karena Anda harus berbagi dengan orang lain).

Di sisi lain, VPS memberi situs Anda ruangnya sendiri, terpisah dari situs lain, meskipun tetap berbagi server. Karena situs Anda diblokir dari pengguna lain, kinerjanya kemungkinan besar akan lebih konsisten. Anda juga mendapatkan sedikit lebih banyak fleksibilitas dalam hal bagaimana server Anda dikonfigurasi. Jenis paket ini dapat menawarkan kecepatan yang Anda butuhkan dengan biaya lebih rendah daripada dedicated server, dan mewakili jalan tengah yang baik bagi mereka yang ingin meningkatkan.

Namun, dedicated server adalah paket pilihan jika Anda membutuhkan daya paling besar untuk uang Anda. Namun, seperti yang Anda perkirakan, kerugiannya adalah biaya, dan beberapa mencapai tiga digit per bulan. Untungnya, pada saat situs web Anda membutuhkannya untuk menangani lalu lintasnya, itu mungkin sangat berharga.

Fungsi dari Dedicated Server

Dalam bisnis hosting Web, dedicated mengacu pada penyewaan dan penggunaan eksklusif komputer yang menyertakan server Web, perangkat lunak terkait, dan koneksi ke Internet, bertempat di lokasi perusahaan hosting Web. Sebuah dedicated server biasanya dibutuhkan untuk sebuah situs Web (atau sekumpulan situs perusahaan terkait) yang dapat mengembangkan sejumlah besar lalu lintas – misalnya, sebuah situs yang harus menangani hingga 35 juta kunjungan sehari. Server biasanya dapat dikonfigurasi dan dioperasikan dari jarak jauh dari perusahaan klien. Perusahaan web hosting mengklaim bahwa penggunaan dedicated server di tempat mereka menghemat biaya perute, sambungan Internet, sistem keamanan, dan administrasi jaringan.

Biasanya, dedicated disewa yang menyediakan jumlah memori, ruang hard disk, dan bandwidth yang disebutkan (di sini berarti jumlah gigabyte data yang dapat dikirim setiap bulan). Beberapa perusahaan hosting mengizinkan penyewa dedicated server untuk melakukan hosting virtual, pada gilirannya menyewakan layanan di server kepada pihak ketiga untuk situs Web mereka. Kemampuan sistem nama domain, email, dan File Transfer Protocol (FTP) biasanya disertakan dan beberapa perusahaan menyediakan antarmuka kontrol yang mudah digunakan. Untuk lebih jelas tentang keistimewaan server ini. Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan server Dedicated.

Sumber daya server tidak dibagikan

Saat Anda memilih penyedia hosting khusus, Anda mendapatkan sumber daya penuh dari server tunggal. Anda tidak perlu khawatir tentang situs web lain yang menyumbat CPU dan RAM server. Dengan dedicated server, Anda dapat yakin bahwa skrip buruk yang berjalan di situs web lain atau lonjakan penggunaan bandwidth tidak akan memperlambat server Anda.
Peningkatan kinerja dan keamanan

Memilih penyedia hosting khusus menjamin waktu aktif maksimum untuk situs web Anda. Hosting bersama sering kali paling baik untuk situs web dengan lalu lintas rendah hingga sedang. Jika situs web Anda menerima banyak lalu lintas, dedicated server memberikan stabilitas dan keandalan lebih dari hosting bersama. Dengan dedicated server, Anda juga dapat memastikan bahwa Anda tidak berbagi ruang dengan situs web berbahaya atau calon pelaku spam. Hosting khusus memungkinkan peningkatan keamanan, terutama penting bagi perusahaan yang menangani transaksi sensitif melalui FTP atau SSL.
Fleksibilitas

Sebuah dedicated server memungkinkan klien fleksibilitas menyesuaikan server untuk klien kebutuhan unik untuk CPU, RAM, ruang disk dan perangkat lunak. Dengan shared hosting, pelanggan dibatasi pada aplikasi, perangkat lunak, dan lingkungan operasi yang sudah dimuat di server. Mereka mungkin menawarkan perangkat lunak yang tidak dibutuhkan klien atau kekurangan hal-hal yang mereka lakukan. Dedicated server memungkinkan organisasi memiliki lingkungan server yang dapat disesuaikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka dapat memilih platform dan perangkat lunak yang benar-benar mereka butuhkan, memungkinkan lebih banyak kontrol atas bagaimana dedicated server mereka dikonfigurasi.
Alamat IP unik

Setiap server memiliki alamat IP uniknya sendiri. Dengan shared hosting, berarti Anda juga berbagi alamat IP dengan beberapa situs web lain. Jika salah satu tetangga Anda adalah situs spam atau situs dewasa, ini bisa berarti peringkat situs web Anda diturunkan. Dengan hosting khusus, Anda memiliki dedicated server, yang berarti alamat IP unik Anda sendiri. Ini sangat penting terutama jika Anda menjalankan situs e-niaga besar yang memerlukan SSL untuk pemrosesan kartu kredit.
Tidak ada biaya tambahan untuk membeli atau memelihara peralatan

Jika perusahaan membutuhkan dedicated server, tetapi tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk mengelola servernya sendiri, hosting khusus adalah cara berbiaya rendah untuk mengakses sumber daya server lengkap. Penyedia hosting khusus menangani biaya pembangunan dan pemeliharaan peralatan server, mengurangi biaya overhead untuk bisnis yang membeli ruang server, dan meningkatkan laba atas investasi mereka. Namun, keunggulan ini memiliki biaya. Hosting bersama adalah cara termurah bagi bisnis untuk menjalankan situs webnya, dan hosting khusus jauh lebih mahal jika dibandingkan. Tetapi situs yang berurusan dengan banyak lalu lintas, atau memiliki kebutuhan ketat untuk penyesuaian dan keamanan, mungkin menemukan bahwa penyedia hosting khusus adalah pilihan terbaik mereka.

Cara Kerja Dedicated Server

 

Setelah membeli paket hosting server khusus, Anda mendapatkan server yang masih fresh. Anda dapat membangun, mengoptimalkan, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Anda hanya dapat menambahkan elemen yang menguntungkan situs web Anda dalam hal fungsionalitas dan kinerja. Selain itu, Anda dapat menjalankan sistem operasi pilihan Anda.

RAM ECC. Error Correcting Code RAM menawarkan keandalan lebih karena memiliki perangkat keras unik yang mencegah kerusakan data dan dapat memulihkan dari kesalahan
CPU. CPU server hadir dengan banyak inti, yang dapat meningkat hingga 48 inti untuk Intel Xeons atau 64 inti untuk AMD Epyc. Jika aplikasi Anda tidak membutuhkan banyak sumber daya, Anda selalu bisa mendapatkan server khusus dengan sumber daya yang lebih sedikit.
SSD (atau HDD). Penyimpanan SSD memberikan kinerja penyimpanan yang lebih baik daripada hard disk (kecepatan baca dan tulis yang lebih baik), tetapi juga lebih mahal.Dengan spesifikasi yang sangat kuat, Anda mendapatkan tunjangan bandwidth yang besar yang dapat menangani banyak lalu lintas.

Rekomendasi Dedicated Server Terbaik di Indonesia

Layanan ini bersifat unmanaged, dukungan teknis diberikan sampai pada tatanan jaringan dan hardware, kami hanya melakukan instalasi dan konfigurasi awal sesuai dengan permintaan anda. Untuk Dedicated Server indonesia, Server akan diletakkan di Data Center Indonesia yang terkoneksi dengan Jaringan 1 GBps Shared IIX / Open IXP Connection Unmetered, serta link internasional melalui Nusanet Internet Service Provider sebesar 5 Mbps Shared International Connection. Pilihan untuk bandwidth dedicated juga dapat anda miliki apabila anda membutuhkannya.

Layanan Dedicated Server Indonesia dari IDcloudhost bisa menjadi salah satu pilihan untuk kebutuhan Anda. Saat ini Layanan Dedicated Server IDcloudhost sudah digunakan berbagai Client dari beberapa perusahaan besar di Indonesia seperti Telkom Group, Telkom Indonesia, Telkomsel, Astragraphia, dan lainnya. Bagi Anda yang ingin berkonsultasi dengan tim IDcloudhost, jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui Chat di Website atau Ticket.

Kesimpulan dan Penutup

Nah, jadi itulah tadi penjelasan mengenai apa itu dedicated server. Dedicated server merupakan salah jenis hosting yang cukup banyak digunakan. Setiap hosting tentu memiliki karakteristik masing-masing. Hosting memiliki spesifikasi khusus bagi mereka dengan kebutuhan tertentu. Jika anda memiliki kebutuhan hosting yang seperlunya saja, hanya untuk sebuah website blog, artikel, dan masih banyak lagi maka shared hosting merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika anda ingin memiliki performa, fleksibiltas, dan keamanan paling keren maka dedicated server adalah jawabannya.

Dedicated server merupakan salah satu jenis hosting yang bermanfaat bagi penggunanya yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Dedicated server memberikan hak sepenuhnya bagi penggunanya untuk mengontrol. Selain itu, keamanan miliki dedicated server merupakan yang paling terbaik untuk saat ini. Jika anda memiliki sebuah website yang memelukan kinerja yang maksimal dan gahar serta memiliki finansial yang memadai maka dedicated server sangat direkomendasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.