Cara Konfigurasi Cpanel Hosting Dengan Mudah Lengkap Beserta Gambar

oleh -192 views
Cara Konfigurasi Cpanel Hosting Dengan Mudah Lengkap Beserta Gambar

Cara Konfigurasi Cpanel Hosting Dengan Mudah Lengkap Beserta Gambar

Membeli hosting untuk pertama kali memang membutuhkan beragam kebutuhan dan persiapan. Tidak hanya mengenai website yang sedang Anda bangun namun juga cara konfigurasi dan penggunaan. Sebenarnya, semua sudah ada dalam satu sistem sehingga tinggal konfirmasi dan menambahkan saja dalam layanan. Berikut ini cara konfigurasi cPanel ke Hosting untuk pertama kali setelah upload ke website

1. Login ke cPanel

Untuk dapat masuk ke layanan cPanel ini Anda bisa membuka halaman melalui member area kemudian beri tanda (/cpanel). Misalnya namadomainanda.com/cpanel secara otomatis akan redirect ke tampilan seperti gambar di bawah ini.

2. Klik Database Menu

Kemudian klik MySQL database guna mengatur penyimpanan data yang ada pada hosting.

3. Create Database

Setelah Anda mengeklik MySQL database maka secara otomatis akan muncul layanan seperti gambar di bawah ini.

Jangan lupa beri nama sebelum menyimpan agar mudah untuk diingat. Pada tutorial ini disimpan dengan nama db1 agar lebih mudah untuk diingat. Anda dapat menyimpan dengan nama lain yang sesuai keinginan.


4. Isi Username dan Password

Gunakan username dan password yang tidak mudah diingat oleh orang lain. Ada baiknya juga jika password yang Anda gunakan ini khusus untuk diri sendiri sehingga orang lain tidak mudah meretas dengan mudah.

Baca Juga : Mengenal Control Panel Hosting dan Fungsinya

5. Add User To Database

Kemudian koneksikan antara database user dan user dengan cara mengisi Add User To Database

6. Cek All Privileges

Apabila semua langkah sudah terselesaikan maka langkah selanjutnya tinggal mengecek All Privileges dengan mengeklik Make Change pada bagian bawah. Bagian ini dapat dikatakan cukup penting guna mengoreksi apakah settingan sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Jika memang ingin diubah maka bisa melakukan perubahan.

Baca Juga : Cpanel Hosting

No More Posts Available.

No more pages to load.