, ,

Konsep dan Prinsip Kerja Surat Elektronik eMail

oleh -15 views
Konsep dan Prinsip Kerja Surat Elektronik (eMail)
Konsep dan Prinsip Kerja Surat Elektronik (eMail)

Konsep dan Prinsip Kerja Surat Elektronik eMail

Konsep dan Prinsip Kerja Surat Elektronik eMail, Seandainya kita memiliki klien e-mail di komputer kita, kita siap untuk mengirim dan menerima e-mail. Semua yang kita butuhkan adalah sebuah server surat elektronik atau server e-mail untuk memberi layanan para klien yang tersambung. Mari kita bayangkan seperti apa server e-mail yang paling sederhana dan mungkin akan membantu untuk mendapatkan pemahaman dasar tentang proses kerja surat elektronik.

Seperti halnya server layanan FTP, DNS dll. Aplikasi ini berjalan sepanjang waktu pada mesin server dan mereka mendengarkan port tertentu, menunggu orang atau program untuk mengkoneksi ke port. Yang paling sederhana mungkin server e-mail akan bekerja seperti ini:

  1. Mailserver akan memiliki daftar akun e-mail, dengan satu akun untuk setiap orang yang dapat menerima e-mail di server. Nama akun saya mungkin mbrain, Joko Priyono mungkin jpri, dan
  2. Mailserver akan memiliki file teks untuk setiap akun dalam daftar. Jadi, server akan memiliki file teks dalam direktori yang bernama MBRAIN.TXT, lain bernama JPRI.TXT, dan

Seperti orang lain mengirim mail ke mbrain, server hanya akan menambahkan pesan tersebut ke bawah file dalam urutan bahwa mereka tiba.

Baca Juga : Pengertian Mail Server dan Manfaat Menggunakan Webmail

File teks akan menumpuk serangkaian lima atau 10 pesan, dan akhirnya saya akan masuk untuk membacanya. Ketika saya ingin melihat e-mail saya, klien e- mail saya akan terhubung ke mesin server. Dalam sistem yang paling sederhana, itu akan:

  1. Meminta server untuk mengirimkan salinan file TXT
  2. Meminta server untuk menghapus dan me-reset file TXT
  3. Simpan file MBRAIN.TXT pada mesin lokal saya
  4. Mengurai file ke dalam pesan terpisah (menggunakan kata “From:” sebagai pemisah)
  5. Menunjukkan semua header pesan dalam daftar

Ketika mengklik ganda pada header pesan, akan mendapatkan pesan dalam file teks lengkap menunjukkan seluruh tubuhnya. Seperti yang kita lihat, ini adalah sistem yang sangat sederhana. Anehnya, sistem e-mail nyata yang kita gunakan setiap hari tidak jauh lebih rumit dari ini.

Baca Juga : Prinsip Kerja Surat Elektronik (eMail)

Bagi sebagian besar orang sekarang, sistem e-mail yang sebenarnya  terdiri dari dua server yang berbeda berjalan pada mesin server. Satu disebut server SMTP, di mana SMTP singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Server SMTP menangani surat keluar. Yang lain adalah baik server POP3 atau IMAP server, yang keduanya menangani surat masuk. POP singkatan dari Post Office Protocol, dan IMAP singkatan dari Internet Mail Access Protocol. Sebuah server e-mail yang khas terlihat seperti ini:

SMTP server mendengarkan pada port 25 yang sudah kita ketahui bersama, POP3 mendengarkan pada port 110 dan IMAP menggunakan port 143