Pengertian Remote Server

Pengertian Remote Server

 

Apa itu remote server ? remote server merupakan server yang akan anda akses yang menjadi bagian proses yang dilakukan client tanpa harus membuka koneksi secara terpisah, langsung maupun juga berbeda.

Fungsi Remote Server

  1. Mengendalikan Komputer Lain

Fungsi Remote server yang pertama adalah digunakan untuk mengendalikan komputer lain berdasarkan yang diremote. Contohnya adalah ketika anda hendak mengakses perangkat lunak atau software yang terdapat dikomputer lain. jadi, Anda tinggal mengecek komputer lain melalui software tersebut melalui komputer server

  1. Mematikan komputer dari jarak jauh

Fungsi kedua dari adanya remote server adalah untuk mematikan komputer dari jarak jauh. Sebenarnya untuk fungsi pada poin kedua ini tidak jauh berbeda dari poin pertama. Ketika Anda hendak mematikan komputer, Anda tidak harus datang ke komputer tujuan untuk mematikannya. Anda bisa langsung mematikan komputer tersebut melalui komputer server

  1. Menghidupkan komputer

Selain mematikan, ternyata remote server juga bisa digunakan untuk menghidupkan komputer. Jadi, Anda juga tidak perlu pergi ke setiap komputer ketika hendak menghidupkan komputer. Cukup menghidupkan melalui komputer server dan Anda juga bisa menentukan kira-kira komputer mana saja yang ingin Anda hidupkan. Anda juga bisa langsung menghidupkan seluruh komputer sekaligus.

Cara Kerja Remote Server

Perlu Anda tahu bahwa remote server merupakan server yang digunakan untuk mengontrol, mengawasi, dan mengatur perangkat dari jarak jauh. Dengan adanya remote akses, maka pengguna bisa dengan mudah melakukan dan mendapatkan akses file maupun perangkat lunak meskipun berada dalam jarak yang jauh.

Contoh Aplikasi Remote Server

  • Windows remote dekstop: merupakan sebuah aplikasi remote yang memang sudah disediakan bagi Anda atau perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows.
  • Team viewer: untuk aplikasi yang satu ini mungkin sering Anda temukan namun Anda tidak tahu tentang fungisnya. Team viewer merupakan aplikasi yang juga untuk keperluan remote dekstop atau remote server yang bisa untuk mengontrol dan mengendalikan komputer dari jarak jauh. Namun diingat bahwa aplikasi in bukan aplikasi bawaan dari sistem operasi Anda.
  • Unfield remote dekstop: software ini bisa dihubungkan melalui smartphone. Jadi, komputer bisa dikendalikan atau dikntrol melalui perangkat mobile. Perangkat mobile di sini bisa berupa smartphone, hp, maupun tablet. Namun, untuk bisa menggunakannya maka perangkat lunak ini sudah harus terpasang di komputer target dan juga perangkat mobile yang digunakan untuk mengendalikannya.