pojokstudy Pojokstudy.com adalah salah satu media yang membahas ebook, tutorial, tips dan trik yang berkaitan dengan pendidikan

Tips Bagian Ke 3 Buat Kamu Yang Ingin Interview

1 min read

Di tips ini saya akan membeberkan tips etika dalam interview, sebelumnya pada bagian pertama dan kedua saya sudah berbagi tips untuk pada lulusan baru.

sebelum mengetahui tips interview yang baik, kalian perlu mengetahui beberapa sedikit fakta berikut. faktor tertinggi dalam kelancaran interview kerja adalah Kepribadian.

Tips Interview Kerja

Ilustrasi Interview
Ilustrasi

Berikut adalah tips-tips interview sederhana yang perlu dilatih dirumah.

  1. Ceritakan kemampuan anda dengan antusias dan tidak perlu di lebih lebihkan
  2. Hindari penjelasan yang membuat bingun HRD, berikan kesan singkat dan jelas
  3. Tunjukan bahwa kalian mampu bekerja sama dalam tim
  4. Jangan memikirkan jawaban yang terlalu lama, ini menandakan anda tidak bersikap cepat dalam tindakan
  5. Jawaban yang kongkrit dan tepat namun tidak berbelit belit
  6. Jangan membongkar kekurangan perusahaan sebelumnya ( Jika pernah bekerja ditempat lain )

Tips Interview Online

Saat ini wawancara tak harus dilakukan secara tatap muka secara langsung, apa yang bisa kalian lakukan saat menghadapai interview seperti ini ?

  1. Pastikan Laptop atau perlengkapan gadget yang digunakan berfungsi dengan baik
  2. Pandang langsung pewawancara, bukan gambar anda di layar
  3. Tetap berpenampilan sopan dan resmi,meskipun tidak saling berhadapan langsung di pewawancara

Pertanyaan yang sering muncul saat wawancara

Terkadang pewawancara memang melontarkan pertanyaan yang tidak terduga, namun sebagian besar pertanyaan yang dilontarkan tidak jauh berbeda

1. ” Coba ceritakan tentan diri anda !”

 Saat diminta menjelaskan tentang diri kalian, bukan cuma kepribadian dan kesesuaian karakter anda dengan perusahaan yang ingin diketahui pewawancara, jadi sebisa mungkin jawab dengan tenang tanpa terbata bata.

2. ” Mengapa Anda tertarik dengan perusahaan kami ?”

Pertanyaan ini ingin tahu sejauh mana keseriusan anda untuk bergabung dengan perusahaan, lakukanlah riset kecil seperti mencari informasi tentang perusahaan yang kalian lamar

3. ” Jelaskan Kelemahan anda ”

Pertanyaan ini untuk mengukur kejujuran kalian dalam menilai diri sendiri, jangan sampai anda menjawab tidak punya kelemahan, namun lebih baik carilah satu hal yang bukan termasuk kelebihan kalian dan juga bukan kelemahan fatal.

4. “Kenapa Perusahaan ini harus mempekerjakan anda !”

Jangan sampai Anda ketahuan melamar hanya karena posisi tersebut sesuai dengan kualifikasi Anda tanpa memahami deskripsi pekerjaan itu sendiri. Berikan jawaban yang merangkum kualifikasi dan antusiasme Anda untuk bergabung dengan perusahaan.

5. “Apa rencana Anda dalam 5 tahun ke depan?”

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui ambisi Anda dalam profesi dan sejauh mana perencanaan yang Anda buat untuk mencapainya. Tentu saja HRD juga ingin tahu apakah rencana jangka panjang Anda sesuai dengan perusahaan atau tidak.

 

Kesimpulan

Tips interview ini dibuat untuk kalian yang baru pertama kali ingin menghadapi situasi interview oleh perusahaan yang kalian tuju serta mengetahui apakah kalian sudah siap sebagai pekerja diperusahaan yang kalian tuju tersebut sesuai dengan kompetensi kalian dan perusahaan butuhkan.

 

pojokstudy Pojokstudy.com adalah salah satu media yang membahas ebook, tutorial, tips dan trik yang berkaitan dengan pendidikan

Cara Cepat dan Mudah Menghitung IP Address Class C

Perhitungan ini menggunakan contoh kasus ip class c dengan ip 192.168.1.1/25 , dalam video ini pula menerangkan beberapa rumus dalam mencari jumlah ip, network...
pojokstudy
13 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×