pojokstudy Pojokstudy.com adalah salah satu media yang membahas ebook, tutorial, tips dan trik yang berkaitan dengan pendidikan

Penyebab Laptop,Notebook, Netbook Cepat Panas

1 min read

Penyebab Laptop, Notebook dan Netbook cepat panas itu banyak sekali, karena sebuah komponen laptop itu saling berkaitan antar hardware yang satu dengan hardware lainnya dan pada umumnya komponen laptop itu lebih kecil dan lebih rumit daripada komponen sebuah PC, sirkulasi udaranyapun terbatas untuk seukuran laptop.
berbicara laptop panas sebenarnya apa saja penyebeb laptop itu panas, saya akan bahas disini
1. Fan Processor ( Kipas Processor ) 
 
Jika Fan Processor tidak bekerja secara optimal bisa dipastikan sirkulasi udara yang ada di laptop dan sejenisnya, akan mengalami overhead ( panas yang berlebihan ), efek dari kinerja fan seperti ini bisa mengakibatkan laptop hang atau bisa mati secara tiba tiba.
biasanya masalah ini adalah ketebalan debu yang ada di fan tersebut sudah terlalu tebal maka perlu di bersihkan secara rutin minimal 6 bulan sekali, untuk menjaga kebersihan fan tersebut dan dapat bekerja secara optimal
2. Thermal Paste yang sudah mengering
 
Dalam processor di laptop juga ada thermal, fungsinya thermal adalah sebagai pendingin processor, jika laptop panas pada bagian yang merupakan tempat processor maka patut dicurigai bahwa thermal sudah mengering, Jika thermal pasta tersebut telah kering maka proses pelepasan atau pembuangan uap panas yang dihasilkan oleh prosessor tidak terbuang secara sempurna oleh kipas prosessor. Hal tersebut dapat menyebabkan laptop sobat terasa panas. solusinya adalah tambahkan thermal pada laptop yang ingin ditambahkan thermalnya
3. Peletakan Laptop
Dalam kondisi ini sering ditemukan peletakan laptop yang tidak tepat, seperti laptop di letakan di kasur maka sirukulasi udara yang dikeluarkan tidak baik maka fan akan cepat rusak dan laptop akan cepat panas ( overheat ), Komponen-komponen dibagian dalam perangkat juga menjadi lebih cepat panas dan kotoran bisa menumpuk diberbagai tempat, seperti heatsink processor.
4. Lamanya Waktu Penggunaan
 
penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama dapat memicu meningkatnya suhu pada komponen – komponen yang ada pada laptop. Apalagi jika laptop digunakan untuk kerja berat, seperti bermain games atau untuk kebutuhan desain grafis, ini lebih mempercepat laptop menjadi panas.
5. Debu atau Kotoran
 
Mungkin inilah penyebab yang paling sering terjadi. Bila laptop tidak rutin dibersihkan, maka debu-debu akan menempel di komponen laptop dan dapat memperlambat kinerjanya, sehingga cepat panas.Maka dari itu, senantiasalah membersihkan LCD, Keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai pada laptop anda. Lebih baik lagi kalau bagian dalam laptopnya juga anda bersihkan sekiranya anda mampu bongkar-pasangnya ataupun meminta orang yang mampu bongkar-pasangnya. Apalagi bagian kipas yang ada di dalam, kalau lama-lama biasanya banyak debunya.
6. Tambahkan aksesoris untuk pendinginan laptop 
 
Ada beberapa aksesoris-aksesoris komputer yang dapat membantu laptop agar senantiasa dingin, atau tepatnya agar tidak terlalu panas. Seperti misalnya cooling pad, kipas, dan vacumm cooler, atau ‘alternatifnya’, bisa juga memanfaatkan AC, walau memang AC bukan merupakan aksesoris laptop.
pojokstudy Pojokstudy.com adalah salah satu media yang membahas ebook, tutorial, tips dan trik yang berkaitan dengan pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×