pojokstudy Pojokstudy.com adalah salah satu media yang membahas ebook, tutorial, tips dan trik yang berkaitan dengan pendidikan

Baru Lulus ? Ini Tips Melamar Pekerjaan Bagi Lulusan Baru Bag 1

1 min read

Bagi yang baru lulus Sekolah/Kuliah tentunya mencari pekerjaan adalah prioritas utama, entah pekerjaan yang sesuai dengan bidanganya atau bukan pada bidangnya.  maksudnya adalah tenaga kerja yang bekerja untuk orang lain baik individu ataupun perusahaan.

Setiap tahun jutaan siswa atau mahasiswa lulus, sedangkan lowongan pekerjaan yang tersedia tidak mampu mengakomodir tingkat kelulusan itu ditambah beberapa lulusan belum siap menghadapi paradigma dan kompetisi di perusahaannya kelak.

Sangkik sulitnya mencari pekerjaan banyak lulusan muda yang bantin setir menjadi tukang Ojek Online Supir taksi dan lainnya, mereka melakukan itu untuk dapat mandiri dan minimal berpenghasilan.

berikut tips buat kalian pada lulusan muda

1. Jangan Pilih Pilih Pekerjaan

Banyak yang berpikir bahwa saya lulusan A harus bekerja di bidang yang sama. ini adalah pemikiran yang sedikit keliru meskipun tidak sepenuhnya keliru, hanya saja yang akan dihadapi adalah realita kalau tidak bekerja yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Fokus utama saat ini adalah dapat pekerjaan apapun itu yang penting halal, jangan gengsi dengan ijazah, tingkatkan skill dan kompetensi kamu agar mendapatkan peluang lebih baik.

2. Selalu Optimis

Ada beberapa pelamar pekerjaan yang kemudian ketika di wawancara, pembawaaan menyedihkan,seperti orang meminta belas kasihan.

Stop jangan lakukan ini, karena ini bisa menurunkan kepercayaan perusahaan kepada kalian, lakukan apa yang menurut kalian sudah benar dan pasti di terima, ceritakan kemampuan kalian itu akan membantu kalian untuk diterima diperusahaan yang kalian pilih dan lamar nanti.

3. Bacalah Iklan Lowongan Pekerjaan dengan seksama

Mengapa ini penting  ? karena ketika kalian tidak membacanya dengan seksama, kalian hanya akan terjebak pada situasi dimana kalian tidak mengerti posisi yang kalian lamar tersebut, Literasi disini penting efeknya adalah kalian akan mengetahui apakah posisi tersebut sesuai dengan kompetensi yang kalian miliki.

iklan pekerjaan biasanya dipasang pada suatu website yang berbayar dan memiliki jangka waktu penayangan iklan lowongan seperti jobstreet, jobsdb dll. jangan tergiur dengan iklan lowongan pekerjaan yang mengiming imingi dengan bayaran besar namun perusahaan tersebut FIKTIF atau BOHONG.

Cek kembali situs situs atau perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan begitu kalian sebagai lulusan muda dapat terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan

4. Carilah Tanda Tanda Lowongan

Biasanya ada beberapa perusahaan yang memang sengaja memasang iklan banner atau spanduk di depan perusahaannya, dengan posisi posisi yang dibutuhkan.

5. Bawalah Resume atau CV

Resume CV
Resume CV

Di postingan sebelumnya, saya telah membuat CV dalam bentuk word yang bisa kalian gunakan sebagai resume kalian bisa ke sini Daftar Riwayat Hidup  tulislah CV kalian sebaik mungkin dan selengkap mungkin. ada beberapa perusahaan yang masih meminta CV dalam bentuk tulisan tangan, namun ada perusahaan yang memang hanya meminta kirim email dengan ketentuan ketentuan nya

Tips Melamar Pekerjaan Bagi Lulusan Baru Bagian 1 sampai disini dulu… saya akan buat bagian ke dua…

 

 

pojokstudy Pojokstudy.com adalah salah satu media yang membahas ebook, tutorial, tips dan trik yang berkaitan dengan pendidikan

Cara Cepat dan Mudah Menghitung IP Address Class C

Perhitungan ini menggunakan contoh kasus ip class c dengan ip 192.168.1.1/25 , dalam video ini pula menerangkan beberapa rumus dalam mencari jumlah ip, network...
pojokstudy
13 sec read

2 Replies to “Baru Lulus ? Ini Tips Melamar Pekerjaan Bagi Lulusan…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×