pojokstudy Pojokstudy.com adalah salah satu media yang membahas ebook, tutorial, tips dan trik yang berkaitan dengan pendidikan

4 Tips pencegahan penyakit saat musim hujan

2 min read

Akhir tahun dan menjelang tahun baru ini selalu mengalami pergantian cuaca dari musim Kemarau menjadi musim Hujan. hal ini dapat memicu tubuh kita rentan terkena penyakit, belum lagi ketika bajir datang dan menimbulkan banyak tumpukan sampah di setiap jalan berhari-hari.

Dan beragam pula penyakit yang sering di jumpai saat musim hujan ini seperti : flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah juga menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai saat musim hujan karna adanya genangan air dan sampah-sampah yang menumpuk, hal itu mengakibatkan nyamuk terus menerus berkembang biak.

Dan apabila penyakit tersebut menyerang diri anda, tentunya tubuh akan menjadi tidak fit akibatnya semua aktifitas sehari-hari akan tertunda dan terhambat. Lantas bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit saat musim pengujan?
berikut ini cara mencegah timbulnya penyakit saat musim hujan.

 

PENCEGAHAN PENYAKIT SAAT MUSIM HUJAN

  • Menjaga Asupan Makanan yang Sehat dan Mengatur Pola Makan dengan Baik

pada saat musim hujan ini harus selalu menjaga asupan makan yang sehat dan ada baiknya jika mengkonsumsi makanan yang hangat dan berkuah agar tubuh tetap terasa hangat walaupun saat musim hujan, seperti: sop, sayur bayam, soto dan yang lainnya dan juga tambahkan buah  sebelum makan.

Selain mengkonsumsi makanan yang baik, anda juga perlu mengatur pola makan yang juga, di musim dingin ini biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar dan sayangnya metabolisme di dalam tubuh ini lebih lambat dari biasanya, bisa anda bayangkan jika kita menuruti nafsu makan yang muncul terus menerus dan tubuh kurang mendukung motabolisme yang baik maka akan terjadi penumpukan makanan di dalam tubuh dan mengalami obesitas, maka dari itu anda harus menjaga pola makan dengan baik kurangi mengkonsumsi makanan ringan yang membuat kegemukan, dan jika sudah merasa lapar makanlah dengan asupan makanan yang sehat.

  • Jaga kebutuhan cairan tetap terpenuhi

seringkali orang mengabaikan rasa haus terutama saat musim hujan, udara yang dingin menjadikan alasan rasa haus jarang terjadi, untuk itu sering kali anda lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup.

Namun faktanya baik musim kemarau maupun musim penghujan kebutuhan cairan dalam tubuh tetap saja sama. Jangan pernah berpikir mengkonsumsi air putih saat anda merasa haus saja. Namun cobalah berpikir jika semua makanan yang masuk kedalam tubuh akan dicerna dengan baik apabila cairan dalam tubuh terpenuhi. Selain itu, air yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan jika anda tetap mengkonsumsi cairan sedikitnya 1,5 liter perhari. Apabila anda bosan terus-terusan mengkonsumsi air putih, air tersebut bisa anda ubah menjadi teh tawar hangat atau air jahe yang akan membuat tubuh terasa lebih hangat saat musim hujan

  •  Jaga lingkungan tetap bersih

pada saat musim hujang kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih mudah karna adanya kelembapan yang begitu tinggi, karna itulah mengapa di cuaca hujan seperti ini renang terkena penyakit, jadi kita harus mencegah media-media yang memudahkan kuman untuk masuk ke dalam tubuh, seperti: tangan adalah salah satu media kuman bisa masuk ke dalam tubuh, dan tampa kita sadari di setiap tempat terdapat kuman dan bakteri demana, sedangkan kita jika makan, memegang benda, menyentuh orang lain dan menguap pun menggunakan tangan. untuk itu pastikan tangan anda bersih dan higienis dengan cara selalu mencucu tangan dengan bersih pada saat di manapun dan sebelum atau sesudah melakukan kegiatan apapun.

 

dan taukah anda, hujan yang terus menerus menghujani linggkungan membuat lingkungan anda menjadi lebik kotor dari biasanya, dan hal ini juga memicu tingat kelembapan udara lebih tinggi membuat sampah atau limbah lebih mudah membusuk atau berbau dan memicu kuman dan bakteri berkembang biak, maka dari itu bersihkan tempat-tempat yang berkemungkinan tempat kuman bersarang dan berkembangbiak, misalkan: seperti mengubur dan membakar sampah, menutup lubang yang membuat air hujan tergenang.

  • mengkonsumsi vitamin

disaat pergantian cuaca dari musim kemarau menjadi musim hujan ini, tubuh biasanya tidak bisa langgsung menyesuaikan kondisinya melainkan melalui proses yang mengakibatkan sistem immun atau kekebalan manusia pun berkurang seperti lemas dan pegal-pegal, dan pada saat kondisi ini penyakit akan mudah menyerang tubuh,untuk itu mengkonsumsi fitamin amat di butuhkan untuk menambah sistem kekebalan tubuh anda agar terhindar dari penyakit.

 

semoga bermanfaat…..

pojokstudy Pojokstudy.com adalah salah satu media yang membahas ebook, tutorial, tips dan trik yang berkaitan dengan pendidikan

8 TIPS MENCEGAH PENYAKIT TIMBUL SAAT AKTIFITAS PADAT

8 TIPS MENCEGAH PENYAKIT TIMBUL SAAT AKTIFITAS PADAT  kurangi terpapar udara dingin ( AC ) terhindar dari udara dingin yang di maksud adalah AC...
pojokstudy
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×